www.wkgunawan.blogspot.com

Sabtu, 03 Desember 2011

Sepsis at your under arm

Bengkak pada ketiak

oleh: Weka Gunawan (a PhD student at Faculty of Medicine of University Kebangsaan Malaysia)

Pernahkan anda merasakan ada pembengkakan di daerah ketiak? Jika bengkak di ketiak terasa keras, panas, perih dan tampak kemerahan maka berarti telah terjadi infeksi di daerah tersebut.

Pembengkakan pada ketiak biasanya terjadi pada remaja yang mulai mempunyai kebiasaan mencukur bulu-bulu ketiak yang mulai tumbuh di daerah tersebut karena pubersitas. Kebiasaan menggunakan pisau cukur yang tidak baru, sehingga tumpul dan terjadi perlukaan kecil dan akhirnya menyebabkan pembengkakan yang berisi nanah. Jika hal tersebut terjadi, kompres bagian tersebut dengan air panas sehingga lunak dan memudahkan pengeluaran nanah. Minum obat parasetamol yang dijual bebas di pasaran juga dapat mengurangi rasa perih dan panas.

Jika terasa amat mengganggu dapat menjumpai dokter untuk ditusuk dengan jarum steril untuk dikeluarkan nanahnya. Obat-obatan topikal (oles) berupa salep antibiotik diberikan untuk menyembuhkan.

Pembengkakan persis di pangkal ketiak

Terjadinya infeksi virus atau bakteri juga dapat menyebabkan terjadi semacam gumpalan di pangkal lengan anda. Hal ini disebabkan kelenjar getah bening yang aktif memerangi virus/bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Ukuran biasanya tak besar tetapi daat dirasakan oleh tangan tetapi dia tidak tampak kemerahan atau bernanah (sepsis). Akan hilang kalau flu atau penyakit yang dirasakan berlalu.

Kalau ukuran gumpalan itu membesar dan mudah dirasakan bentuknya. Disertai rasa nyeri apalagi. Juga kalau gumpalan itu bertahan hingga lebih dari 3 minggu. Maka, sebaiknya berjumpa dengan dokter umum (kalau dokter umum mencurigai benjolan tersebut adalah bakal kanker payudara) maka akan dirujuk ke dokter Onkologi (ahli kanker). Untuk memastikannya mungkin diperlukan biopsi (pengambilan sedikit jaringan yang dicurigai) atau sesuai saran ahli onkologi.

Yang pasti jangan abaikan sekecil apapun gejala yang anda rasakan supaya anda dapat mengatasinya lebih dini.

-----------------------------------------------------------------------------------------------
Kuala Lumpur 4 Desember 2011



Tidak ada komentar:

Posting Komentar