www.wkgunawan.blogspot.com

Kamis, 12 April 2012

CONJUNCTIVITIS

CONJUNCTIVITIS (sakit mata!)
oleh: Dr.Weka Gunawan

Pernah merasakan sakit mata? Sekali atau dua kali dalam hidup pasti pernah mengalami penyakit yang datangnya dapat saja tiba-tiba. Esok mau siaran di televisi ternyata mata tiba-tiba terasa merah dan gatal luar biasa. Seperti juga penyakit yang lain, penyakit mata ini amat mengganggu kegiatan kita sehari-hari.

CONJUNCTIVITIS:

Sakit mata jenis ini bukan seperti glaukoma, atau penyakit mata minus atau plus atau karena gangguan organ yang dapat mempengaruhi fungsi mata. Conjunctivitis adalah sakit mata adalah peradangan pada mata di bagian yang berwarna putih. Penyebabnya adalah jenis bakteri atau virus atau alergi.

MENGAPA MENULAR?

Karena disebabkan oleh bakteri apalagi jika penyebabnya virus, maka sakit mata memang mudah menular. Penularan dapat terjadi jika berdekatan terlalu intens dengan penderita atau tanpa sadar memakai handuk atau bantal yang dipakai penderita. Selain udara juga dapat merupakan medium penularan sakit mata.

GEJALA_GEJALA CONJUNCTIVITIS
  • Mata merah, berair dan terasa pedih
  • Muncul kotoran mata yang berlebihan
  • Mata terasa gatal
  • Mata menjadi sensitif kepada cahaya

PENCEGAHAN CONJUNCTIVITIS

  • Cucilah tangan dengan sabun sebelum dan selepas menyentuh mata. Usahakan senantiasa membersihkan tangan tidak hanya sebelum dan sesudah makan, tetapi juga setelah memegang uang, berjalan sambil berpegangan di tangga, bahkan setelah bersalaman dengan banyak orang, dan lain-lain.

  • Hindari bergaul dengan penderita penyakit mata. Oleh sebab itu jika murid menderita penyakit mata, maka guru sebaiknya menyarankan ia beristirahat dulu di rumah untuk beberapa waktu, supaya mengurangi penularan kepada kawan-kawannya di sekolah.

  • Barang-barang pribadimu janganlah dipakai bersama-sama dengan kawan-kawanmu meski itu sahabatmu.
BAGAIMANA JIKA KITA SAKIT MATA?

Pertolongan pertama anda dapat memakai obat mata yang dijual bebas. Boleh juga membasuh mata dengan cairan antiseptik khusus mata. Jika warna merah berlanjut dan gatal segera ke dokter, untuk mendapatkan pengobatan yang benar. Siapa tahu anda memerlukan antibiotik atau preparat antivirus.

Salam sehat, semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar