www.wkgunawan.blogspot.com

Sabtu, 14 November 2009

WEKA GUNAWAN is preparing a new book

Biografi penulis Merpati di Trafalgar Square & Keren tanpa NARKOBA


Picture Courtessy: KORAN TEMPO

Weka Gunawan mempunyai nama lengkap Çri Sajjana Prajna Wêkādigunawan. Lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Setelah genap empat tahun memimpin Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas INDONUSA Esa Unggul Jakarta sejak tahun 2002 hingga Juli 2006, ia memutuskan untuk bersekolah kembali untuk meraih gelar PhD di Fakultas Kedokteran Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) di Kuala Lumpur Malaysia. Bidang yang diambilnya adalah Kesehatan Keluarga. Weka Gunawan mempunyai kepedulian yang besar pada situasi kesehatan di Indonesia. Ia bercita-cita untuk membuat buku yang populer tentang kesehatan. Bukunya KEREN TANPA NARKOBA (diterbitkan Grasindo Juli 2006) mencatat penjualan lebih dari 50 ribu kopi di seluruh Indonesia hingga bulan Juli 2007.

Buat Weka, jika berhasil mendorong perilaku sehat melalui buku-bukunya sudah merupakan kebahagiaan buatnya.

Weka Gunawan pernah menjadi pembicara di Temu Ilmiah I Himpunan Obstetri Ginekologi Indonesia (HOGSI) di Malang Jawa Timur tahun 2008, 2nd International Conference on Reproductive Health Management (ICRHM) di Bali tahun 2008, 42nd Annual Meeting BSA Medical Sociology di University of Sussex, Brighton, United Kingdom tahun 2008 dan 40th APACPH Annual Conference di Kuala Lumpur Malaysia tahun 2008. Ia juga pernah memperoleh predikat Fun, Fearless and Female dari Majalah wanita Cosmopolitan pada tahun 2001. Juga memperoleh award dari Bill and Melinda Gates Foundation untuk mengikuti Strategic Leadership in Reproductive Health Course yang diselenggarakan John Hopkins University USA pada tahun 2000 dan 2001.

Ini adalah buku Kumpulan Cerpennya yang kedua setelah Merpati di Trafalgar Square (Grasndo,September 2004) buku ini pun telah cetak ulang.

Weka pernah Wakil Sekjen Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI). Jabatan ini telah disandangnya dua kali yakni pada tahun 1996-2004 dan tahun 2004 sampai 2006. Ia konsisten dalam perannya sebagai Health Promoter sejak tahun 1991, dimanapun ia bekerja. Pernah di laboratorium genetik RS Dr Soetomo Surabaya, dosen di Bagian Anatomi dan Histologi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya, penyiar di TVRI Surabaya juga reporter kesehatan dan Koordinator Peliputan bidang IPTEK dan Kesehatan di RCTI dan Executive News Producer di Trans TV. Menjadi dosen di mata kuliah Komunikasi Kesehatan di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia juga untuk mata kuliah System Thinking dan Learning Organization di program pasca sarjana Kajian Administrasi Rumah Sakit (KARS) Universitas Indonesia. Juga menjadi pengajar tamu di beberapa institusi pendidikan seperti di Akademi Gizi Hang Jebat Jakarta Selatan dan Akademi Gizi di Mataram Lombok Nusa Tenggara Barat.

Televisi memang media yang mengasahnya menjadi mandiri dan banyak pengalaman baik di seluruh daerah di Indonesia maupun di luar negara. Sejak di TVRI Surabaya saat menjadi mahasiswa di Universitas Airlangga, Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) yang juga membuatnya menjadi Reporter Istana  yang telah memperoleh kartu hijau (kala itu susah sekali untuk menjadi reporter istana), ia ikut menyertai beberapa perjalanan Kepala Negara ke luar negara. Weka Gunawan juga presenter, pembaca berita untuk Nuansa Pagi dan Seputar Indonesia dan kemudian Trans Corp (cikal bakal Trans TV dan Trans 7) mengajarkannya bagaimana membuat sebuah stasiun televisi!

Merpati di Trafalgar Square
Grasindo 2004

Comments at back cover

Terimakasih banyak pada bang Ashadi Siregar (motivator penulisan buku ini), pak Taufik Ismail yang berkenan memberikan apresiasinya pada buku pemula ini, pak Ishadi S.K (President Direktur Trans Corp) yang senantiasa mendukung penulis dimanapun berada, mas Arswendo Atmowiloto yang dengan gaya lugasnya memotivasi saya untuk terus menulis, mbak Dana Iswara, kakak sekaligus teman yang enak diajak bicara, juga temanku yang jelita Sandrina Malakiano, meski saat itu sangat sibuk, beliau meluangkan waktu untukku. 

Tentu saja karena Tuhanlah semua ini terjadi. Terimakasih Ya ALLAH.


3 komentar:

  1. Ya ALLAH, berkahilah seluruh langkah-langkahku. HambaMU ini ingin berbuat sesuatu meski sedikit bagi orang-orang disekelilingnya. Tolonglah hambaMU yang lemah ini YA ALLAH agar dapat mencapai semua cita-cita hambaMU ini. Amin Ya Robbal Alamin.

    BalasHapus
  2. Weka, kalau masih ingat aku, kunjungi blog aku yach... http://transtvnews.blogspot.com/2013/09/kenangan-bersama-weka-gunawan.html

    BalasHapus
  3. Apa kabar ? Sehat dan sukses selalu..... kami sekeluarga di surabaya tks.

    BalasHapus