www.wkgunawan.blogspot.com

Kamis, 12 Januari 2012

Scientific presentations at international level.

40th Annual International Conference BSA Medical Sociology Group.

University of Sussex, Brighton, United Kingdom
oleh: Dr.CSP Wekadigunawan, MPH
(PhD Candidate Faculty of Medicine National University of Malaysia)

Sebagai dokter dan akademisi saya harus banyak mempublikasikan hasil pemikiran, riset dan review jurnal ke banyak seminar dan konferensi. Keberanian untuk menyatakan pendapat dan kerendah hatian kita untuk menerima masukan dan pendapat orang lain diasah dalam setiap pertemuan-pertemuan keilmuan. Hasil dari semua konferensi yang saya ikuti (kebanyakannya saya tak banyak simpan penghargaan/sertifikatnya) selalu saya niatkan untuk membaginya kepada para mahasiswa saya dimanapun saya diminta untuk memberikan ilmu yang saya punyai. Sebaliknya, saya pun mendapat asupan yang berarti dari interaksi saya dengan mahasiswa-mahasiswa saya.

Ini adalah sebagian gambar kegiatan saya selama di Brighton United Kingdom, Sept 4 -6 , 2008. Namun saya telah berada di UK sejak tanggal 1 hingga 10 Sept 2008. Mengapa saya panjangkan waktunya? karena saya berniat mengunjungi kawan saya tercinta Zeynita Gibbons, perempuan sederhana, berasal dari Minang, dan berani meninggalkan zona nyamannya di Jakarta demi mengikuti keinginan anak-anaknya hidup di Colchester, sebuah kota tua yang kecil di Inggris.



Ini adalah peserta yang mengikuti presentasi saya. Theme: Reproduction Health in developing countries. Ada 5 orang yang mempresentasikan paper petang ini. Slot untuk simposium biasanya lebih untuk para ekspert dan untuk paper biasa dipresentasikan di kelas-kelas kecil seperti ini.


Saya harus menjelaskan dimana itu Lombok Island (tempat saya melakukan riset untuk keperluan disertasi saya) di antara ribuan pulau yang dimiliki oleh negaraku tercinta Indonesia Raya.


Kalau diluar ruangan kami semua memakai coat yang agak labuh karena bulan September sudah mulai dingin. Tetapi di dalam ruangan karena dipasang penghangat ruangan, maka lebih nyaman jika melepas apa saja yang membuat gerah :-)


Suasana pendaftaran peserta seminar

Tampang dokter Weka Gunawan, sedang dalam keadaan hamil 2 bulan
Benar-benar malas untuk berdandan, padahal mau presentasi. Pada saat kehamilan selalu saja
mual dan muntah sehingga rasanya lebih mudah letih. Apalagi di usia yang cukup mencabar
yakni hampir 42 tahun! (haha!)
Tidak mengapa, yang penting kan isi risetnya ya, bukan tampang presenternya :-))

Note:
Saya sarankan pada mahasiswa saya sejak tahun 1992 adalah:
 melanglanglah di seluruh bumi ALLAH
Iqra! Pelajari ciptaanNYA, sehingga anda semakin 'tawaddu' kepadaNYA.
Semua Rasul dan orang-orang besar di dunia mengembara di bumiNYA
tidak ada yang 'ngendon' saja di tanah kelahirannya atau sekedar
menunggu gaji tiap bulan dan semacamnya tetapi senantiasa mengejar tantangan!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar