www.wkgunawan.blogspot.com

Sabtu, 03 Desember 2011

Sakit Batu Ginjal (Nephritis)

Mencegah Penyakit Ginjal (Renal)
oleh: Weka Gunawan

Angka penyakit ginjal (renal) semakin meningkat di dunia. Fatalitas adalah ancamannya. Kalau anda melihat di sekitar anda banyak yang berpenyakit semacam itu maka sebaiknya kita semua dapat mengambil pelajaran dari pengalaman tak menyenangkan orang lain.

Bagaimanapun hidup yang berkualitas bukan hanya masalah keuangan tetapi yang lebih penting adalah menjaga kesehatan. Kalau kita sehat, kita mampu berpikir, mampu bekerja dan membantu orang lain di sekitar kita.

Malaysia mempunyai angka penyakit Renal nyaris mencecah 20% dari keseluruhan jumlah penduduk. Itulah sebabnya pemerintah Malaysia merasa bertanggung jawab untuk tidak lagi mempromosikan nasi lemak (salah satu tamadun kebanggaan Malaysia) untuk sarapan. Demikian pula nasi minyak, briyani dan serupanya sangat diminati oleh orang-orang di Malaysia.

Baiklah kelak kita dapat membahas tentang nasi lemak dan uba rampenya. Ada baiknya anda melaksanakan amalan berikut sebagai amalan sehari-hari:

  • MINUM, banyak minum air putih untuk membersihkan dan mengencerkan air kemih. Minum air manis apalagi yang berkarbonat sangat tidak disarankan, kalau anda mempunyai resiko sakit ginjal.
  • Konsumsi makanan yang mengandung Vitamin B6 dan Potassium. Seperti pisang, bunga kubis, kentang.
  • Kurangi makan makanan seperti manisan (meskipun itu buah-buahan), gula dan garam (seperti ikan asin dan coklat). Sekali-sekali bolehlah ambil coklat sedikit kalau rasa teringin sangat :-))
  • Konsumsi sayuran dengan serat yang banyak seperti kangkung
  • .Jangan terlalu banyak minum kopi, teh apalagi alkohol
  • Jangan terlalu banyak makan daging, gantilah dengan tahu dan tempe. Kalau ada majlis makan malam bolehlah makan sedikit jangan pula terlalu ketat nanti menderita pula.
Itu saja. Salam sehat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar